Kamis, 27 Agustus 2015

Cara Merawat Laptop Yang Baik

Cara Merawat Laptop Yang Baik - Laptop merupakan sebuah perangkat yang  didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat dan kerja komputer yang portabel. Ukurannya yang kecil menjadikan laptop mudah dibawa kemana-mana. Laptop digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengetik, mengolah data, menyimpan data file, menyimpan gambar dan lain sebagainya. Laptop juga merupakan perangkat elektronik yang sangat memerlukan perawatan agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Sama seperti perangkat elektronik lainnya, laptop juga dapat mengalami kerusakan akibat terkena air, terutama pada saat kondisi menyala.

Untuk merawat laptop tidaklah sulit, hanya saja perlu dilakukan secara rutin. Untuk membersihkan laptop haruslah dilakukan secara hati-hati, terutama jika saat membersihkannya menggunakan pembersih berbentuk cair. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada laptop akibat adanya cairan pembersih yang masuk ke bagian dalam laptop, sehingga menyebabkan terjadinya korsleting. Hindari juga terjadinya benturan saat membersihkan dan juga saat membawa laptop Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat Laptop :

Membersihkan Laptop

1. Membersihkan bagian dalam laptop
- Copot Baterai laptop, lalu buka laptop secara hati-hati.
- Buka pelindung yang menutupi komponen laptop seperti mobo dan fan.
- Bersihkan seluruh bagian dalam dan komponen laptop dengan menggunakan kuas lembut, lakukan secara perlahan.
- Tutup kembali laptop dengan baik.

2. Membersihkan bagian luar laptop
- Bersihkan body laptop, gunakan cairan pembersih khusus atau dapat menggunakan minyak kayu putih. Gosok ke satu arah secara perlahan.
- Bersihkan layar laptop, gunakan kain yang lembut atau tisu. Bila diperlukan, gunakan cairan khusus pembersih layar monitor. Gosok ke satu arah secara perlahan.
- Bersihkan keyboard laptop, gunakan kain yang lembut atau tisu, gosok ke satu arah secara perlahan. Jangan menggunakan cairan.

Merawat laptop agar awet

1. Mengatur tingkat kecerahan layar
Jangan menggunakan kecerahan layar maksimal dalam waktu yang lama, karena panas yang dikeluarkan dapat merusak LCD dan power baterai akan cepat melemah. Layar yang terlalu terang juga dapat mengakibat mata Anda cepat lelah.

2. Hindari meletakan laptop diatas kasur saat digunakan
Meletakan laptop diatas kasur saat digunakan dapat membuat kinerja laptop kesayangan Anda menjadi lambat, karena hal tersebut akan menghambat keluarnya panas dari laptop. Laptop yang terlalu panas dapat membuat komponen-komponen laptop cepat mengalami kerusakan.

3. Memperhatikan suhu ruangan saat menggunakan laptop
Jangan menggunakan laptop didalam ruangan yang bersuhu terlalu panas, karena hal tersebut dapat mengakibatkan komponen-komponen laptop cepat mengalami kerusakan. Gunakan kipas pendingin laptop bila menggunakan laptop pada suhu ruangan yang terlalu panas.

4. Perhatikan posisi indikator power baterai
Jangan menggunakan laptop hingga baterai kosong 0%, karena hal tersebut akan memperpendek usia baterai. Sebaiknya Anda melakukan setting agar laptop mati setelah baterai hampir kosong.

5. Membatasi pemakaian laptop
Menggunakan laptop menjadi sangat menyenangkan karena dapat digunakan dimana saja, terlebih jika Anda sedang berselancar di dunia maya, Namun begitu, Anda harus membatasi lamanya menggunakan laptop. Gunakan laptop maksimal selama 5 jam, setelah itu matikan laptop Anda.

6. Gunakan kipas pendingin
Untuk mengurangi panas pada processor, sebaiknya gunakan selalu kipas pendingin atau cooling pad pada saat Anda menggunakan laptop. Processor yang terlalu panas dapat menyebabkan kinerja laptop menurun dan jika hal itu terjadi secara terus menerus, maka laptop Anda akan mudah hang dan cepat mengalami kerusakan.

Itulah cara merawat laptop yang dapat Anda lakukan. Merawat laptop tidak memerlukan biaya yang mahal, dibandingkan jika membawanya ke tempat service. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook