Senin, 31 Agustus 2015

Cara Mengatasi Handphone Samsung Android Yang Lemot

Cara Mengatasi Handphone Samsung Android Yang Lemot - Handphone atau telepon genggam adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang memanfaatkan jaringan nirkabel. Pencetus ide pembuatan perangkat komunikasi ini adalah seorang karyawan Motorolla yang bernama Martin Cooper pada tanggal 03 April 1973. Sekarang ini hampir semua orang di seluruh dunia mengenal dan menggunakan handphone sebagai alat komunikasi dan juga sebagai penunjang penampilan mereka. Handphone tidak hanya digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi saja, namun seiring perkembangannya, perangkat ini juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain seperti membuat foto, video, internet, dan lain sebagainya. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kerja handphone yang menjadi lemot atau lambat.

Untuk mengatasi handphone Samsung Android yang lemot tidaklah terlalu sulit, dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Bila Anda adalah pengguna handphone android produk samsung (galaxy) tipe apa saja, berikut ini cara untuk mengatasi hp samsung yang lemot :

Non aktifkan/hapus aplikasi yang tidak digunakan
Setiap handphone pasti terdapat aplikasi yang merupakan bawaan pabrik, namun tidak semua aplikasi tersebut Anda gunakan. Sebaiknya aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan tersebut dihapus atau di nonaktifkan. Caranya : buka pengaturan - aplikasi - pilih aplikasi yang ingin Anda non aktifkan - hapus instalan.

Pindahkan aplikasi ke Memori Eksternal
Banyaknya aplikasi yang  terinstall dan tersimpan didalam memory internal dapat memperlambat kerja handphone Anda. Sebaiknya pindahkan aplikasi-aplikasi yang terinstall pada memori internal ke memori eksternal agar tidak membebani hardware handphone. Anda dapat memindahkan aplikasi tersebut secara manual atau menggunakan software seperti LinkSD.

Membersihkan Cache
Setiap kali menjalankan aplikasi seperti game, browsing, dan lain sebagainya, maka hal tersebut dapat meninggalkan sisa data, file sampah, histori atau cache. Penumpukan dari cache tersebut dapat menjadi penyebab kerja handphone menjadi lambat. Sebaiknya cache yang menumpuk tersebut segera dibersihkan dengan menggunakan aplikasi khusus seperti Clean Master yang bisa Anda dapatkan di Google Play Store.

Lakukan Update Firmware
Salah satu penyebab handphone menjadi lemot adalah karena firmware tidak update. Untuk itu Anda harus selalu melakukan update firmware ke versi terbarunya. Melakukan update dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah software seperti Samsung Kies yang bisa Anda dapatkan di Google Play Store dan menginstalnya di handphone Anda.

Jangan melakukan Multitasking
Membuka dan menjalankan aplikasi secara bersamaan atau multitasking seperti  menjalankan yahoo messenger, whatsapp, facebook, games dan lainnya dapat memberatkan loading atau kerja handphone Anda. Sebaiknya gunakan aplikasi yang diperlukan saja, apabila satu aplikasi selesai digunakan maka sebaiknya segera ditutup sebelum Anda membuka aplikasi yang lain.

Lakukan Soft reset atau Hard reset
Soft reset atau hard reset dilakukan agar kondisi pengaturan pada handphone Anda kembali seperti saat pertama kali membelinya (baru), atau pengaturan kembali default. Namun sebelum melakukannya, sebaiknya Anda back up semua data-data penting seperti nomor kontak atau file penting lainnya agar Anda tidak kehilangan data atau file tersebut.

Itulah Cara Mengatasi Handphone Samsung Android Yang Lemot. Umumnya cara mengatasi lemot pada semua handphone android keluaran Samsung dapat dilakukan dengan cara yang sama. Gunakan handphone Anda secara wajar. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook