Jumat, 07 Agustus 2015

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami - Asam urat (Uric Acid) adalah suatu penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini disebabkan oleh adanya zat purin yang berlebihan di dalam tubuh. Purin adalah zat yang terdapat di dalam makanan yang berasal dari mahluk hidup atau tumbuh-tumbuhan. Zat purin masuk kedalam tubuh melalui makanan yang kita makan, lalu zat tersebut diolah oleh tubuh menjadi asam urat. Jika kadar asam urat yang dihasilkan berlebihan, maka asam urat akan menumpuk pada persendian dan membentuk kristal-kristal tajam. Kristal asam urat yang terlalu banyak menumpuk pada persendian akan menimbulkan rasa nyeri, pembengkakan dan peradangan. Persendian yang paling sering mengalami serangan asam urat adalah sendi kaki, sendi tangan, sendi lutut dan sendi siku.

Jika Anda mengalami serangan asam urat maka Anda dapat mencoba mengatasinya dengan menggunakan ramuan dari bahan-bahan alami yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Berikut ini beberapa bahan alami untuk mengobati asam urat yang dapat Anda gunakan  :

Menggunakan Campuran Cengkeh
Siapkan 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 15 gram jahe merah dan 200 gram ubi jalar merah. Cuci semua bahan-bahan tersebut hingga bersih lalu rebus dengan menggunakan 1000 ml air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah disaring dan menjadi hangat, minum air rebusan tersebut.

Menggunakan Daun Salam
Siapkan 10 lembar daun salam lalu cuci hingga bersih. Rebus daun salam yang sudah bersih tersebut dengan menggunakan 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari sebanyak setengah gelas untuk sekali minum.

Menggunakan Campuran Daun Sambiloto
Siapkan 10 gram daun sambiloto, 10 gram temulawak, 10 gram komfrev dan lada secukupnya. Cuci semua bahan-bahan tersebut hingga bersih lalu rebus dengan menggunakan 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Setelah disaring, minum setiap pagi dan sore.

Menggunakan Pare
Siapkan 1 buah pare lalu buang bijinya. Setelah di cuci bersih dan di potong-potong, rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Minum rebusan pare tersebut 1 kali sehari.

Menggunakan Campuran Daun Cocor Bebek
Siapkan 4 lembar daun cocor bebek, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala dan 10 gram jahe. Cuci semua bahan-bahan tersebut hingga bersih lalu rebus dengan menggunakan 600 ml air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah disaring, minum air rebuasan tersebut 3 kali sehari.

Itulah beberapa Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami yang dapat Anda lakukan. Cara-cara tersebut harus Anda lakukan secara rutin dan disiplin. Agar terhindar dari serangan asam urat, maka Anda harus memulai menerapkan pola hidup sehat, rajin berolah raga dan hindari mengkonsumsi secara berlebihan makanan yang banyak mengandung zat purin seperti jeroan, sea food serta minuman beralkohol. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook