Minggu, 27 Desember 2015

Cara Merawat Baju Batik Atau Kain Batik

Cara Merawat Baju Batik Atau Kain Batik - Kain batik merupakan jenis kain bergambar atau memiliki motif tertentu yang proses pembuatannya dilakukan secara khusus. Di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, membatik merupakan suatu kegiatan yang telah berlangsung sejak lama dan telah menjadi warisan kesenian budaya. Ada beberapa daerah yang cukup dikenal sebagai penghasil batik, salah satunya adalah Pekalongan yang kemudian dikenal dengan sebutan Batik Pekalongan. Seperti Cara Merawat Kain Sutra Agar Tetap Awet yang dilakukan secara khusus, perawatan kain batik juga harus dilakukan secara khusus agar kualitasnya terjaga.

Berbagai jenis dan model baju batik telah banyak tersedia dipasaran. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi, tergantung dari jenis kain batik dan proses pembuatannya. Bagi Anda yang telah memiliki baju batik atau kain batik, dan ingin merawatnya agar tahan lama, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

Mencuci Kain Batik

- Hindari menggunakan deterjen, terlebih lagi yang mengandung bahan pemutih karena akan membuat warna batik cepat memudar. Gunakan sabun khusus untuk mencuci batik, Anda dapat membelinya di toko batik. Alternatif lain adalah dengan menggunakan shampo, larutkan shampo kedalam ait hingga tercampur rata, kemudian masukan kain batik kedalamnya.

- Jika batik tidak terlalu kotor, maka cukup direndam saja dengan air hangat tanpa menggunakan sabun cuci. Jika baju batik Anda terkena noda, Anda dapat menghilangkannya dengan menggosokan sabun mandi atau kulit jeruk secara perlahan pada bagian yang terkena noda, setelah itu bilas dengan air hangat.

- Jangan menggunakan mesin cuci dan jangan menggunakan sikat karena akan merusak tekstur kain dan warnanya cepat memudar.

- Setelah dibilas, sebaiknya kain batik jangan diperas pada saat akan menjemurnya. Luruskan dan ratakan lipatan-lipatan yang ada agar batik tidak kusut saat mengering, gunakan hanger untuk menggantung baju batik saat dijemur. Jangan dijemur terkena sinar matahari langsung karena warnanya akan cepat memudar.

Menyetrika Kain Batik

- Jangan menempelkan strika pada kain secara langsung, lapisi dengan kain lain.
- Setrika kain batik pada bagian dalamnya saja.
- Jangan menyemprotkan pewangi secara langsung. Jika ingin memberi pewangi, gunakan kertas koran untuk menutupi kain, kemudian semprotkan pewangi diatas kertas koran tersebut.
- Sebaiknya gunakan setrika uap. 

Menyimpan Kain Batik

- Saat menyimpannya didalam lemari, hindari penggunaan kapur barus dan sejenisnya.
- Gantung batik atau dilipat, lalu bungkus dengan pembungkus pakaian.
- Saat menggunakannya, jangan menyemprotkan parfum secara langsung pada kain batik,

Itulah Cara Merawat Baju Batik Atau Kain Batik yang dapat Anda lakukan. Walaupun biasanya baju batik hanya digunakan pada saat tertentu saja, namun tetap harus di lakukan perawatan secara baik agar corak dan warnanya tidak mudah rusak. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook