Kamis, 26 September 2019

Cara Merawat Jam Tangan Agar Tetap Awet

Cara Merawat Jam Tangan Agar Tetap Awet - Jam tangan merupakan salah satu aksesoris yang fungsinya sangat penting, dimana penggunanya dapat mengetahui waktu dengan mudah. Selain sebagai petunjuk waktu, jam tangan juga merupakan salah satu pelengkap fashion atau penunjang penampilan seseorang, baik pria maupun wanita. Seperti juga jenis aksesoris lainnya yang perlu perawatan, jam tangan Anda juga harus dirawat dengan baik agar fungsi serta kegunaannya dapat bertahan lama dan juga tidak mudah mengalami kerusakan.

Banyak pilihan model jam tangan yang bisa Anda dapatkan dengan berbagai harga, dari yang murah hingga yang sangat mahal. Walaupun jam tangan Anda merupakan jenis terbaik dengan harganya yang mahal, namun perawatanya harus tetap diperhatikan dengan baik. Berikut ini tips merawat jam tangan agar awet dan tahan lama :


Menyimpan Jam Tangan
Salah satu cara merawat jam tangan yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah dengan menyimpannya di tempat yang kering atau bersuhu normal. Bila Anda meletakan jam tangan di tempat yang bersuhu sangat dingin atau sangat panas, maka akan mempengaruhi kondisi jam tangan Anda. Sebaiknya Anda menyimpannya di dalam wadah atau kotak khusus jam tangan.

Membersihkan Jam Tangan
Untuk menjaga kualitas jam, sebaiknya Anda selalu membersihkan jam tangan Anda secara teratur. Untuk membersihkan jam tangan cukup dengan menggunakan tissue basah. Jangan menggunakan kain yang dibasahi dengan air atau tissue kering yang dibasahi dengan air karena dapat merusak jam tangan Anda. Tissue bayi atau baby wipes bisa menjadi pilihan terbaik untuk membersihkan jam tangan Anda, selanjutnya biarkan jam kering dengan sendirinya.

Membersihkan Tali Jam Tangan
Selain untuk menjaga kualitasnya, membersihkan tali jam tangan juga sangat penting untuk menghindari terjadinya iritasi kulit yang disebabkan oleh bakteri yang menempel pada tali jam. Ada banyak bahan tali jam yang digunakan dan masing-masing memiliki cara tersendiri untuk membersihkannya. Untuk bahan kulit gunakan kain setengah basah, untuk bahan stainless gunakan sikat kecil saat membersihkan sela-sela yang ada, untuk bahan plastik gunakan sikat dan sabun, untuk bahan kain atau kanvas gunakan sikat dan sabun. Segera keringkan jam tangan dengan kain lembut atau di angin-anginkan agar tidak mudah berjamur dan berbau.

Menjauhkan Jam Tangan Dari Medan Magnet
Jangan meletakan jam tangan di dekat barang-barang yang mengandung medan magnet seperti barang elektronik misalnya televisi, kulkas, kipas angin dan lainnya. Gelombang elektromagnetik akan mempengaruhi perputaran jam tangan Anda sehingga akan merusak ketepatan waktunya. Sebaiknya jauhkan jam tangan Anda dari benda-benda yang mengandung magnet.

Menggunakan Jam Tangan Sesuai Kegiatan
Gunakan jam tangan Anda sesuai dengan kegiatan yang Anda lakukan. Misalkan Anda sedang melakukan kegiatan olah raga seperti renang, maka sebaiknya gunakan jam tangan yang tahan air. Jangan menggunakan jam tangan yang berbahan stainless saat melakukan olahraga yang mengeluarkjan bayak keringat seperti lari dan lainnya, sebab keringat dapat merusak bahan stainless jam tangan Anda. Sebaiknya gunakan jam tangan berbahan karet atau sejenisnya.


Itulah Cara Merawat Jam Tangan Agar Tetap Awet yang bisa Anda lakukan. Gunakan alas dari tissue saat menggunakan jam jika tangan Anda mudah berkeringat. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook