Kamis, 09 Agustus 2018

Cara Mengatasi Jamur Kuku

Cara Mengatasi Jamur Kuku - Jamur kuku atau dalam bahasa medisnya dikenal dengan nama Onikomikosis adalah infeksi pada kuku yang menyebabkan munculnya titik berwarna putih atau kuning di bagian bawah ujung kuku jari tangan atau jari kaki. Jika infeksi tersebut semakin menyebar, maka akan membuat kuku berubah warna, menebal dan retak dibagian ujungnya. Gejala jamur kuku dapat ditandai dengan warna kuku menjadi kusam, berwarna kehitaman, kuku menebal, berubah bentuk, kuku rapuh atau kuku menjadi retak.

Jamur kuku tentunya dapat merusak penampilan jari-jari Anda, untuk itu harus segera di obati agar tidak semakin parah. Jamur kuku tidak bisa dianggap sepele karena dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kuku dan menimbulkan rasa sakit. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jamur kuku pada jari tangan dan jari kaki Anda :

Menggunakan Cuka
Sifat asam pada cuka dipercaya dapat mengatasi dan membunuh jamur dengan cepat. Caranya siapkan cuka dan air hangat secukupnya, kemudian campurkan kedua bahan tersebut. Rendam jari kaki atau jari tangan yang terkena jamur kuku selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin hingga jamur kuku menghilang.

Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih dikenal memiliki sifat anti jamur dan anti mikroba sehingga dapat digunakan untuk mengatasi dan mengobati jamur kuku. Caranya siapkan bawang putih secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit cuka pada bawang putih yang telah halus, selanjutnya oleskan pada kuku yang terkena jamur secara merata dan diamkan selama 30 menit.

Menggunakan Baking Soda
Baking soda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengobati jamur kuku. Caranya adalah siapkan baking soda secukupnya, kemudian campurkan dengan air dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pasta baking soda pada kuku yang terkena jamur secara merata dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Obat Kumur atau Listerine
Listerine atau obat kumur memiliki bahan-bahan alami seperti mentol, timor dan eukaliptus yang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi jamur kuku. Caranya siapkan obat kumur atau listering dan air secukupnya. Campurkan kedua bahan tersebut kemudian gunakan untuk merendam jari tangan atau jari kaki yang terkena jamur kuku selama 30 menit sambil digosok secara lembut. Lakukan setiap hari hingga jamur kuku hilang.

Terapi Laser
Terapi laser merupakan salah satu terapi modern yang mampu mengatasi jamur kuku. Terapi ini cukup efektif dan cepat mengatasi jamur kuku, namun pengobatan ini cukup mahal dan belum banyak tersedia. Anda harus menyiapkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukannya.

Operasi Pencabutan Kuku
Operasi ini biasanya dilakukan bila infeksi jamur kuku sudah terlalu parah dan menimbulkan rasa sakit. Dengan dicabutnya kuku yang terinfeksi jamur kuku maka kuku yang baru akan tumbuh kembali dengan normal, namun proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang lama.


Itulah Cara Mengatasi Jamur Kuku yang bisa Anda lakukan. Agar jamur kuku tidak mudah menyerang, pastikan tangan dan kaki tetap kering agar tidak mudah terinfeksi jamur dan jangan memotong kuku terlalu pendek agar tidak terjadi cedera pada kuku. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook