Selasa, 14 Februari 2017

Cara Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Dingin

Cara Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Dingin -  Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, khususnya di kota-kota yang bersuhu udara panas cukup tinggi, tentunya merasa kurang nyaman dengan keadaan suhu udara yang ada, terutama saat berada didalam ruangan pada siang hari. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya sebagian besar orang menggunakan penyejuk udara atau AC. AC (air conditioner) adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendinginkan udara. Namun begitu, AC tidak dapat digunakan semaunya, sebab hal itu dapat mengurangi usia pemakaiannya dan tidak lagi menghasilkan udara yang sejuk.

Seperti jenis barang elektronik lainnya, AC juga memerlukan perhatian khusus terutama dalam hal perawatan. AC yang tidak terawat dengan baik dapat mengakibatkan AC tersebut cepat mengalami kerusakan, dan akibatnya udara yang dihasilkan menjadi tidak dingin lagi. Bagi Anda yang memiliki AC, berikut ini tips merawat AC agar tetap awet :

Sesuaikan ukuran pk AC dengan ruangan
Sebelum memasang AC di ruangan Anda, sebaiknya sesuaikan ukuran pk AC dengan ruangan tempat memasang AC. Ukuran pk AC tidak boleh lebih kecil dari ruangan tempat AC dipasang, sebab dapat memberatkan kerja mesin AC dalam proses pendinginan udara, sehingga mesin cepat mengalami kerusakan. Cari tahu ukuran pk AC yang cocok untuk ruangan Anda.

Nyalakan AC pada ruang tertutup
Jika Anda ingin menyalakan AC, pastikan bahwa ruangan Anda sudah tertutup dengan rapat. Jika ruangan tidak tertutup dengan rapat, maka kerja AC akan semakin berat untuk mendinginkan ruangan, sehingga suhu udara pada ruangan tersebut menjadi kurang dingin. Hal ini juga membuat kerja mesin semakin berat, karena terjadi pelebaran ukuran ruangan.

Jangan sering menggunakan suhu terendah
Sebaiknya Anda jangan terlalu sering mengatur suhu udara ke level terendah, sebab hal tersebut akan membuat mesin cepat panas. Sebaiknya disesuaikan dengan kondisi suhu udara yang ada. Gunakan level 22 derajat atau lebih untuk kondisi suhu normal..

Lakukan pemeriksaan freon secara berkala
Sebaiknya Anda menggunakan jasa seorang teknisi atau tukang service AC untuk memeriksa kondisi freon AC. Hal ini dilakukan agar udara yang dihasilkan tetap dingin. Freon yang berkurang atau mengalami kebocoran akan membuat udara dari AC menjadi tidak dingin lagi. Pemeriksaan freon sebaiknya dilakukan setiap 6 bualn sekali.

Bersihkan AC secara rutin
Kebersihan AC harus selalu terjaga, terutama pada bagian penting seperti filter, evaporator dan kipas AC agar tidak menganggu kinerja mesin dan udara yang dihasilkan tetap dingin. AC yang kotor dan berdebu khususnya pada unit outdoor akan mengakibatkan pembuangan panas tidak maksimal, sehingga kompresor lebih sering mati dan lama kelamaan dapat merusak kompresor. Anda dapat menggunakan jasa tukang service AC untuk melakukan hal tersebut

Demikian Cara Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Dingin yang dapat Anda lakukan. Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka umur pemakaian AC akan lebih lama. Jika terjadi kerusakan pada AC Anda, segera hubungi tenaga ahlinya untuk diperbaiki. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook