Senin, 14 November 2016

Cara Merawat Printer Yang Tepat

Cara Merawat Printer Yang Tepat - Printer merupakan jenis peralatan elektrik yang berfungsi untuk mencetak sebuah dokumen berupa tulisan atau gambar. Printer menjadi perangkat yang selalu melengkapi komputer yang umumnya digunakan pada sebuah perkantoran atau tempat-tempat lain yang menggunakan komputer. Seperti jenis peralatan elektrik lainnya, printer juga memerlukan perawatan agar fungsi dan kegunaanya dapat bertahan lama. 

Untuk merawat printer harus dilakukan secara berkala, agar printer yang Anda gunakan tidak mudah mengalami error. Bagi Anda pengguna printer yang dilengkapi cartridge, berikut ini cara merawat printer Anda agar fungsi dan kegunaannya dapat bertahan lama :

1. Penggunaan Printer
Printer yang Anda miliki haruslah sering digunakan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi tinta mengering pada head cartridge dan aliran tinta tidak terhambat.

2. Kebersihan Printer
Bersihkan printer secara berkala atau setidaknya 2 kali dalam seminggu, hindari dari tempat yang berdebu. Agar aliran tinta tetap lancar, manfaatkan fitur clean head pada printer.

3. Mengganti Tinta Printer
Lakukan pengisian ulang tinta printer segera jika tinta akan habis. Jangan menunggu tinta hingga benar-benar habis karena akan membuat cartridge rusak dan printer menjadi error. 

4. Menggunakan Tinta Original
Untuk mengisi ulang tinta, pastikan tinta yang Anda gunakan original, sesuai dengan merek dan tipe printer Anda. Tinta yang tidak original dapat mempengaruhi kinerja printer Anda.

5. Penggunaan Kertas
Untuk mencetak dokumen (tilisan atau gambar), pastikan kertas yang digunakan benar-benar bersih dan pastikan bahwa kertas yang akan digunakan dalam keadaan baik.

6. Chip Cartridge
Pada saat Anda memegang cartridge, usahakan jangan sampai menyentuh chip cartridge dengan tangan secara langsung, karena dapat mempengaruhi aliran listrik statis sehingga dapat merusak komponen pada cartridge.

7. Mematikan Printer
Untuk mematikan printer, pastikan Anda mematikannya melalui tombol off yang ada pada printer. Jangan mematikannya dengan cara memutus aliran listrik secara langsung/mencabut kabel power.

8. Menghindari Benturan
Hindari printer Anda dari benturan keras atau terjatuh, sebab hal itu dapat merusak komponen elektrik yang berada didalam printer Anda, sehingga menyebabkan printer menjadi error.

Demikian Cara merawat Printer Yang Tepat yang bisa Anda lakukan. Dengan melakukan perawatan printer secara tepat, maka fungsi dan kegunaaan printer Anda dapat bertahan lebih lama. Merawat printer lebih mudah daripada memperbaikinya. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook