Rabu, 23 November 2016

Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Lebih Awet

Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Lebih Awet - Rem yang ada pada kendaraan bermotor merupakan salah satu bagian terpenting yang harus ada. Fungsi rem itu sendiri adalah untuk menghentikan putaran roda sehingga kendaraan berhenti melaju. Sebagai salah satu bagian terpenting bagi kendaraan, maka rem sangat memerlukan perhatian khusus agar selalu berfungsi dengan baik, terutama pada bagian kampas rem yang memberi cengkraman pada disck brake atau tromol sehingga menghentikan putaran roda. 

Kampas rem pada motor tentunya tidak bisa dipakai selamanya, ada saatnya dimana Anda harus menggantinya dengan yang baru, terutama jika kondisi kampas rem sudah tipis. Namun demikian, jika kampas rem dirawat dengan baik, maka usia pemakaiannya akan menjadi lebih lama, dan Anda tidak terlalu sering menggantinya dengan yang baru. Berikut ini cara merawat kampas rem agar tahan lama yang dapat Anda lakukan :

1. Selalu memeriksa kondisi dan posisi tromol, terutama pada bagian penampung dudukan cakram. Pastikan penampung cakram dalam keadaan bersih dan permukaan dudukan cakram rata sehingga piringan cakram berputar secara simetris dan beban kampas rem tidak terlalu berat, dengan begitu kampas rem tidak cepat tipis

2. Menjaga kebersihan kaliper dan pin fleksibelnya akan membuat tekanan yang diberikan kampas rem sama rata pada kedua kampas rem (kanan dan kiri). Atur jarak piringan dan kampas rem agar tidak saling menyentuh, sehingga tidak selalu terjadi gesekan yang mengakibatkan kampas rem cepat tipis.

3. Memberi perhatian khusus pada bearing roda dengan memberikan pelumas secara berkala untuk menghindari speling pada bearing yang dapat mengakibatkan piringan cakram bersentuhan dengan kampas rem, yang tentunya dapat membuat kampas rem cepat tipis.

4. Perhatikan selalu kebutuhan oli rem cakram atau minyak rem, sebab oli rem akan mempengaruhi kinerja rem cakram. Kurangnya oli rem akan membuat pengereman tidak berjalan sempurna, sehingga dapat menambah panas gesekan pada kampas rem.

5. Penggunaan rem yang tepat seperti tidak sering melakukan pengereman secara mendadak, akan mengurangi beban gesekan kampas rem. Selalu menjaga jarak dengan kendaraan yang berada didepan, dapat membantu mengurangi penggunaan rem yang terlalu sering.

Itulah Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Lebih Awet yang bisa Anda lakukan. Kampas rem yang sudah tipis dapat mengakibatkan rem pada motor Anda tidak berfungsi dengan baik, sehingga dapat membahayakan Anda sendiri dan orang lain. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook