Selasa, 21 Juli 2015

Cara Mengatasi Suara Berisik Pada Komputer

Cara Mengatasi Suara Berisik Pada Komputer - Suara berisik yang keluar dari komputer bukan merupakan sesuatu yang harus dikhawatirkan. Suara berisik umumnya dapat muncul pada kumputer-komputer yang telah berumur, karena komponen-komponen yang bergerak pada komputer tersebut sudah tidak bekerja dengan baik lagi seperti kipas, harddisk, CD room atau floppy disk. Masalah yang muncul selanjutnya adalah kita menjadi merasa tidak nyaman dengan suara berisik yang terdengar itu. Apalagi disaat kita sedang mengerjakan tugas-tugas penting dengan mengunakan komputer, dimana saat itu kita membutuhkan suasana yang sunyi dan tenang, Tentu suara berisik tersebut akan sangat mengganggu konsentrasi pada pekerjaan yang sedang kita lakukan.

Untuk mengatasi sura berisik pada komputer, ada baiknya kita melakukan pemeriksaan secara cermat pada komponen-komponen yang berpotensi menimbulkan suara berisik. Salah satu komponen utama yang paling sering menimbulkan suara berisik adalah kipas. Biasanya pada komputer yang standar terdapat 2 kipas yaitu kipas procesor dan kipas power supply. Berikut ini cara untuk mengatasi suara berisik tersebut :

- Kipas prosesor
Perhatikan letak/kedudukan kipas prosesor, apakah sudah terpasang dengan benar. Coba Anda goyangkan, bila tidak bergerak berarti kedudukannya tidak bermasalah. Selanjutnya perhatikan kabel-kabel yang berada disekitarnya, apakah ada salah satu kabel yang mengenai kipas. Bila tidak ada kabel yang mengenai kipas, berikutnya perhatikan kipas tersebut. Apakah terdapat banyak kotoran atau debu yang menempel pada baling-baling kipas, terutama debu yang menmpel pada heatsing. Jika terdapat banyak debu maka bersihkan debu tersebut, termasuk yang terdapat pada heatsing. Jika masih belum mengatsi suara berisik yang ada, lakukan pemeriksaan pada kipas yang lainnya dengan cara lepaskan untuk sementara kipas prosesor yang ada, tetapi jangan terlalu lama pada kondisi komputer hidup. Hidupkan komputer Anda, apabila suara berisik telah hilang, maka kipas prosesor itulah yang bermasalah. Sebaiknya ganti kipas prosesor dengan yang baru.

- Kipas Power Supply
Sama seperti pada kipas prosesor, periksa kebersihan kipas tersebut, Jika terdapat kotoran atau debu yang menempel. segera dibersihkan. Lakukan juga pemeriksaan pada setiap mur yang ada pada casing power supply, apakah semua mur tersebut masih terpasang dengan kuat. Kipas power supply yang sudah tidak bekerja dengan baik akibat terjadi kerusakan atau power supply yang mulai melemah merupakan faktor utama yang menimbulkan suara berisik pada komputer. Power supply yang melemah biasanya ditandai dengan suara yang mendengung seperti ketika kita sedang memainkan gas pada kendaraan atau komputer sering tiba-tiba mati sendiri. Jika hal tersebut terjadi, maka segera lepas power supply dan ganti dengan yang baru.

Kipas lain yang juga bisa menimbulkan suara berisik adalah kipas pada casing. Jika ventilasi pada casing cukup baik, kipas ini dapat Anda lepas saja. Selain dari kipas, masih ada beberapa komponen lain yang dapat menimbulkan suara berisik seperti harddisk, CD room dan floppy disk. Lakukan juga pemeriksaan terhadap komponen-komponen tersebut dengan cermat. Pastikan semua komponen yang bergerak telah Anda periksa satu persatu secara teliti.

Itulah cara mengatasi suara berisik pada komputer yang bisa Anda lakukan. Jika semua cara telah Anda lakukan tetapi komputer masih mengeluarkan suara berisik, sebaiknya segera bawa komputer Anda ke pada ahlinya. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook