Kamis, 09 April 2015

Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Bisnis Jasa Pengiriman Barang - Jasa pengiriman barang merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau koperasi dalam bentuk mengirim/mengantar barang ke tempat-tempat yang telah ditentukan, sesuai dengan permintaan dan persyaratan yang telah disepakati. Banyak orang yang memanfaatkan jasa tersebut untuk mengirimkan barang ke daerah tujuan mereka. Selain menghemat waktu dan paket kiriman cepat sampai, Anda dapat menghemat biaya perjalanan, terutama pengiriman barang ke luar kota atau luar propinsi.

Coba Anda bayangkan jika Anda harus mengirim sebuah paket dari Jakarta ke kota lain diluar propinsi seperti ke Medan, tentu akan membutuhkan banyak waktu dan biaya. Untuk itu maka banyak orang yang memanfaatkan jasa pengiriman barang untuk mengirimkan barang mereka ke suatu daerah tujuan. Dengan banyaknya orang yang menggunakan jasa pengiriman barang, maka membuat bidang jasa tersebut dapat dijadikan pilihan bisnis. Berikut ini cara memulai bisnis jasa pengiriman barang yang dapat Anda lakukan :

Menentukan daerah operasi
Tentukan daerah operasi pengiriman barang yang dapat Anda jangkau. Apakah hanya di kota Anda dan sekitarnya, atau pengiriman lintas propinsi. Dengan menentukan daerah-daerah pengiriman, maka Anda akan dengan mudah memilih alat transportasi yang akan Anda gunakan.

Menentukan jenis barang
Tentukan jenis barang apa saja yang bisa Anda kirim, apakah hanya barang-barang berukuran kecil atau mencakup segala macam ukuran barang. Kesanggupan perusahaan Anda untuk mengantarkan berbagai jenis dan ukuran barang menjadi keunggulan tersendiri bagi usaha jasa pengiriman yang Anda lakukan.

Menentukan biaya
Tentukan biaya-biaya operasional pengiriman barang ke daerah-daerah jangkauan usaha Anda, termasuk biaya tambahan seperti asuransi. Berikan pilihan harga yang variatif dan juga diskon agar konsumen tertarik untuk menggunakan jasa perusahaan Anda.

Legalitas perusahaan
Untuk melindungi perusahaan jasa pengiriman Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya daftarkan perusahaan Anda pada lembaga yang terkait untuk mendapatkan legalitas. Dengan terdaftarnya perusahaan Anda, maka akan terlindungi secara hukum.

Lakukan promosi
Kenalkan bisnis jasa pengiriman barang yang Anda kelola kepada teman-teman Anda, membuat sebuah website untuk mempromosikannya melalui internet, atau melalui media periklanan agar dapat diketahui oleh publik.

Itulah beberapa Cara Bisnis Jasa Pengiriman Barang yang dapat Anda lakukan. Bisnis Anda akan maju berkembang, bila Anda dapat mengelolanya dengan baik. Selanjutnya Anda dapat menanyakan kepada orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang jasa pengiriman barang, untuk mendapat penjelasan lebih lanjut. sukses untuk Anda.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook