Kamis, 30 Januari 2020

Cara Mengatasi Motor Tersendat-Sendat Saat Berjalan

Cara Mengatasi Motor Tersendat-Sendat Saat Berjalan - Mungkin saat ini Anda sedang mengalami masalah dengan motor Anda yang tiba-tiba saja jalannya menjadi tersendat-sendat seperti akan kehabisan bensin. Kondisi motor yang berjalan tersendat-sendat atau sering disebut mesin motor brebet terjadi karena proses pembakaran di dalam mesin yang tidak lancar. Hal itu juga dapat menyebabkan mesin motor mati secara tiba-tiba, oleh karena itu harus segera diperbaiki.

Ada beberapa faktor yang bisa mengganggu proses pembakaran di dalam ruang silinder mesin motor Anda seperti pengapian yang tidak stabil, suplai udara yang tidak lancar, dan lainnya. Berikut ini langkah-langkah mengatasi mesin motor brebet atau tersendat-sendat saat berjalan :

Periksa Busi Motor 
Busi merupakan sumber pengapian bagi proses pembakaran di ruang mesin motor. Jika busi mengalami masalah seperti kotor atau memang sudah tidak layak pakai, maka akan mengganggu proses pembakaran di dalam ruang silinder mesin motor Anda. Coba lakukan hal berikut ini :
- Hidupkan mesin motor Anda, jika setelah dihidupkan namun tidak lama kemudian mati lagi dan suara mesin terdengar berbeda dari biasanya maka bisa dikatakan busi bermasalah.
- Lepas busi dan perhatikan kondisi elektroda busi, jika kotor maka coba membersihkannya dengan cara mengamplas ujungnya dengan amplas halus dan bersihkan dengan lap kering.
- Jika setelah dibersihkan namun tidak mengatasi masalahnya, atau memang busi sudah lama tidak diganti, maka sebaiknya segera ganti busi dengan yang baru.


Periksa Filter Udara Motor
Filter udara merupakan bagian terpenting dari suplai udara ke dalam ruang pembakaran yang berfungsi sebagai penyaring kotoran dan debu. Filter udara yang terlalu lama tidak dibersihkan akan menimbulkan tumpukan debu. Debu yang menumpuk akan menghambat udara yang akan masuk ke ruang pembakaran sehingga udara yang dibutuhkan tidak maksimal, akibatnya proses pembakaran menjadi tidak lancar dan menyebabkan mesin motor brebet saat di gas. Coba lakukan hal berikut ini :
- Lepas filter udara dan perhatikan, jika terlalu kotor maka coba membersihkannya.
- Jika dirasa sudah tidak bisa dibersihkan, maka sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Selain kedua faktor tersebut, masih ada faktor lain yang bisa menjadi penyebab mesin motor brebet seperti suplai bahan bakar yang tidak lancar, setelan klep, dll. Jika setelah dilakukan penggantian busi dan filter udara namun tidak bisa mengatasi masalah motor tersendat-sendat saat berjalan, sebaiknya Anda membawa motor ke bengkel resmi untuk diperiksa lebih lanjut.


Itulah Cara Mengatasi Motor Tersendat-Sendat Saat Berjalan yang dapat Anda lakukan. Dari pengalaman setelah mengganti busi, masalahnya kembali normal kembali. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook