Rabu, 22 Mei 2019

Cara Mengatasi Dan Mencegah Angin Duduk

Cara Mengatasi Dan Mencegah Angin Duduk - Angin duduk merupakan sebuah penyakit yang menimbulkan rasa nyeri di dada. Rasa nyeri tersebut disebabkan oleh karena aliran darah ke jantung terganggu akibat adanya penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah. Angin duduk identik dengan sindrom serangan jantung koroner akut yang dapat menyebabkan kematian seseorang dalam waktu 15-30 menit. Angin duduk dapat terjadi secara tiba-tiba akibat otot jantung kurang mendapatkan pasokan oksigen dari aliran darah yang kemudian menimbulkan nyeri dada. Angin duduk dalam istilah medisnya disebut Angina.

Gejala serangan angin duduk sering ditandai dengan rasa nyeri di dada, dada seperti ditekan dan diremas-remas yang dapat menjalar ke lengan kiri dan kanan, leher, rahang, dan punggung serta ulu hati. Gejala lainnya yaitu sesak napas, tubuh terasa lelah, mual, pusing, gelisah, keluar keringat berlebihan, dan pingsan. Penyebab serangan angin duduk adalah kolestrol tinggi, penyakit diabetes, hipertensi, stres, obesitas, gaya hidup tidak sehat, mempunyai riwayat terkena penyakit jantung sebelumnya, riwayat keluarga mengalami penyakit jantung, dll.

Mengatasi Angin Duduk

Tindakan berikut ini sebagai langkah pertolongan pertama bila terjadi serangan angin duduk :
  • Batuklah dengan kencang secara berulang-ulang. Tarik nafas yang dalam setiap kali akan batuk. Menarik nafas dalam-dalam akan mendapatkan banyak oksigen ke paru-paru, dan batuk akan menekan jantung yang membuat darah tetap tersirkulasi.
  • Tetap menjaga kesadaran dengan cara menggaruk-garuk jari kelingking dengan ibu jari.
  • Mengkonsumsi obat Antiplatelet untuk melonggarkan sumbatan yang terjadi dan mencegah pembentukan gumpalan darah. Obat Antiplatelet yang paling umum dijual adalah Aspirin. Atau mengkomsumsi obat Antikoagulan untuk pengencer darah dan mencegah pembentukan gumpalan di dalam pembuluh darah.

Mencegah Angin duduk

Mengontrol tekananan darah
Lakukan pengukuran tekanan darah secara rutin dan membatasi konsumsi makanan asin. Dengan cara ini tekanan darah Anda akan mudah dikendalikan.

Mengendalikan gula darah
Memeriksakan gula darah secara rutin agar gula darah Anda dapat dikendalikan. Dengan cara ini Anda dapat terhindar dari resiko serangan angina atau penyakit jantung lainnya.

Menghindari makanan yang mengandung kolestrol tinggi
Konsumsi makanan yang mengandung kolestrol tinggi dapat memicu timbunan plak yang dapat menyumbat aliran darah. Sebaiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, ikan, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, dan makanan menyehatkan lainnya.

Menjaga berat badan
Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu penyebab seseorang terserang angina, Jika berat badan Anda berlebihan, sebaiknya lakukan penurunan berat badan dengan cara sehat seperti berolahraga, konsumsi makanan bergizi seimbang, dan istirahat yang cukup.

Melakukan olahraga secara rutin
Olahraga merupakan salah satu cara hidup sehat yang dapat mencegah serangan angin duduk, sebab olahraga dapat menurunkan berat badan. Namun begitu jangan melakukan olahraga yang berat. Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, yoga, meditasi, dll. Sebelum berolahraga, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter Anda.

Angin duduk bukan disebabkan oleh angin yang masuk ke tubuh Anda, kemudian mengatasinya dengan cara kerokan seperti yang biasanya dilakukan oleh orang yang masuk angin. Angin duduk merupakan sebuah gejala suatu penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Demikian Cara Mengatasi Dan Mencegah Angin Duduk yang dapat Anda lakukan. Menerapkan pola hidup sehat seperti tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, dapat mencegah terkena resiko angin duduk. Untuk lebih jelasnya tentang angin duduk, Anda dapat mengunjungi seorang dokter spesialis untuk mengkonsultasikannya. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook