Cara membuat Struktur Organisasi Di Microsoft Word - Anda tentu pernah melihat struktur organisasi yang menampilkan urutan jabatan yang tersusun secara hierarki, dimulai dari ketua atau pimpinan, hingga anggota atau bawahan. Fungsi dari struktur organisasi adalah sebagai sumber informasi bagi setiap anggota organisasi tentang pembagian tugas dan tanggung jawab. Untuk membuat struktur organisasi secara cepat dan mudah, Anda dapat menggunakan fasilitas yang tersedia pada Microsoft Word. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat struktur organisasi menggunakan word yang harus Anda lakukan :
1. Buka Microsoft Word Anda.
2. Klik menu "Insert".
3. Pada bagian "Illustrations", klik "SmartArt".
4. Pada jendela "Choose a SmartArt Graphic", silahkan pilih model yang Anda inginkan, misalnya Hierarchy. Selanjutnya pilih desain yang Anda inginkan, setelah itu klik "Ok".
5. Pada kolom "Text Pane", silahkan isi dengan teks yang Anda inginkan :
- Klik [Text].
- Ketikan teks yang Anda inginkan.
6. Untuk menambah kolom struktur organisasi :
- Klik pada sisi kolom yang ingin ditambahkan.
- Klik "Add Shape", kemudian pilih letak kolom tambahan :
- Add Shape After : menambahkan kolom setelah kolom yang dipilih.
- Add Shape Before : menambahkab kolom sebelum kolom yang dipilih.
- Add Shape Above : menambahkan kolom diatas kolom yang dipilih.
- Add Shape Below : menambahkan kolom dibawah kolom yang dipilih.
7. Jika memilih "Add Shape Before", maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.
8. Untuk menghapus kolom yang tidak diinginkan :
- Klik pada sisi kolom, kemudian klik "Delete".
9. Untuk merubah warna kolom :
- Klik "Change Colors", selanjutnya silahkan pilih warna yang Anda inginkan.
10. Setelah pembuatan struktur organisasi selesai, simpan file Word Anda - klik "Save".
Demikian Cara Membuat Struktur Organisasi Di Microsoft Word yang dapat Anda lakukan. Selanjutnya, silahkan kreasikan sendiri struktur organisasi tersebut dengan pola yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.