Rabu, 01 April 2015

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Cara Mengatasi Demam Pada Anak - Demam merupakan suatu kondisi suhu tubuh yang melebihi batas normal, dimana biasanya suhu tubuh berada diatas 37 derajat Celcius. Deman juga merupakan pertanda bahwa tubuh sedang melawan suatu virus atau bakteri. Penyebab timbulnya demam bermacam-macam seperti adanya infeksi akibat luka, tertular penyakit, kelelahan, gigitan nyamuk (DBD), dll. Demam yang terjadi pada anak bila salah dalam mengatasinya, maka akan dapat memperpanjang masa demam itu sendiri. Demam pada anak bila tidak segera diatasi maka akan mengganggu kenyamannya, anak akan menjadi rewel secara terus menerus.

Untuk mengatasi demam yang terjadi pada anak Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik dan segera berikan pertolongan pertama untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi demam pada anak Anda :

1. Memberikan obat penurun panas
Berikan obat penurun panas khusus untuk anak-anak pada saat pertama tubuh anak Anda mengalami demam. Pemberian obat yang tepat akan segera mengatasi demam yang terjadi pada anak Anda. Sebelum memberikan obat kepada anak Anda, sebaiknya baca dengan seksama petunjuk penggunaan serta efek samping yang ditimbulkan.

2. Mengompres secara rutin
Lakukan kompres pada anak untuk mengurangi demam yang tinggi seperti di dahi, ketiak atau lipatan paha. Gunakan air hangat untuk melakukan kompres, jangan menggunakan air dingin atau alkohol untuk mengompres demam anak. Dengan mengompres anak secara rutin, maka demam pada anak akan mereda.

3. Memeriksa suhu tubuh anak secara berkala
Lakukan pemeriksaan terhadap suhu tubuh anak secara berkala. Gunakan Termometer khusus anak untuk mengetahui perubahan suhu tubuh pada anak Anda. Suhu tubuh yang normal berkisar antara 36-37 derajat celcius.

4. Gunakan baju yang menyerap keringat
Gunakan anak Anda baju yang dapat menyerap keringat. Biasanya bila tubuh mengalami demam, maka tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Segera ganti baju anak Anda jika terlalu basah akibat banyaknya keringat yang keluar.

5. Berikan minum secukupnya
Demam umumnya menyebabkan tubuh banyak mengeluarkan cairan (keringat). Usahakan agar anak banyak minum saat mengalami demam, agar tidak terjadi dehidrasi.

6. Menjaga suhu ruangan
Usahakan agar suhu pada ruangan atau kamar anak tidak terlalau panas. Selimuti anak dengan menggunakan selimut yang tipis, agar dirinya dapat beristirahat dengan nyaman.

Itulah beberapa cara mengatasi demam pada anak. Bila dalam 3 hari, demam pada anak Anda belum juga mereda, sebaiknya segera bawa anak Anda ke Dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook