Selasa, 10 Maret 2015

Cara Memulai Bisnis

Cara Memulai Bisnis - Kebutuhan adalah sesuatu yang harus terpenuhi bagi setiap orang. Mungkin bagi mereka yang masih anak-anak, kebutuhan tersebut belum dapat dipenuhinya sendiri. Namun bagi mereka yang telah memiliki tanggung jawab terhadap keluarganya, mau tidak mau kebutuhan tersebut haruslah ada. Untuk dapat memenuhi kebutuhannya, maka setiap orang dituntut melakukan usaha dan kerja keras. Salah satunya adalah dengan berbisnis.

Banyak bidang bisnis yang bisa kita lakukan, tetapi untuk melakukannya tidak semudah seperti yang kita bayangkan. Ada cara-cara tertentu untuk dapat melakukan bisnis dan menghasilkan keuntungan dari bisnis tersebut. Untuk menjalankan sebuah bisnis yang sudah ada mungkin akan mudah, kita hanya mengikuti apa yang seharusnya dilakukan. Namun untuk memulai sebuah bisnis, itulah yang sangat sulit. Ada cara-cara yang harus dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis :

Niat melakukan bisnis
Untuk menjalankan sebuah bisnis, yang pertama harus kita miliki adalah sebuah niat. Bisnis bukanlah suatu kegiatan yang bersifat untung-untungan, tetapi sebuah kegiatan yang harus dilakukan dengan perhitungan. Jika Anda tidak memiliki niat yang sungguh-sungguh dalam berbisnis, maka hal itu akan memberikan dampak negatif terhadap hasil dari bisnis Anda.

Tentukan jenis bisnis Anda
Banyaknya jenis bisnis yang dapat dilakukan, tentu dapat memberikan keuntungan tersendiri. Namun tidak semua bisnis tersebut dapat Anda lakukan. Anda harus dapat memilih dan menentukan jenis bisnis apa yang cocok dengan Anda. Dengan begitu Anda akan dengan mudah mengendalikan bisnis Anda.

Pelajari bisnis Anda
Pelajari bisnis yang akan Anda lakukan, apa kekurangan dan kelebihan dari bisnis tersebut, seberapa besar potensi keuntungan dan kerugian yang akan Anda dapatkan, apakah Anda merasa nyaman menjalankan bisnis Anda, bagaimana bisnis itu dapat berkembang, dll.

Siapkan modal/uang Anda
Hitung semua biaya-biaya yang harus dipersiapkan secara cermat. Mengutamakan yang hanya bersifat penting atau inti dari keperluan biaya bisnis Anda, namun uang sebagai cadangan modal harus tetap ada karena Anda tidak akan tahu kendala apa yang ada ditengah perjalanan bisnis.

Rencana bisnis
Tuliskan rencana bisnis Anda seperti apa yang akan dikerjakan, struktur dan strategi bisnis / perusahaan, cara memasarkan bisnis, sistem operasional, persaingan bisnis, dan lain-lain. Dengan adanya rencana bisnis, maka Anda dapat menjalankan bisnis secara teratur dan disiplin.

Lakukan bisnis Anda
Jika memang Anda sudah niat untuk berbisnis, telah memilih jenis bisnis Anda, telah mempelajari bisnis tersebut, dan uang untuk biaya bisnis Anda sudah tersedia, maka lakukan bisnis Anda dengan sebuah tekad dan keyakinan.

Hal yang sangat ditakuti ketika seseorang akan memulai suatu bisnis adalah kerugian. Anda jangan tukut terhadap kerugian, kuatkan niat Anda dan yakinlah bahwa Anda mampu melakukannya. Bisnis apapun tidak akan mendatangkan keberhasilan, jika Anda masih memiliki rasa takut dan keragu-raguan didalam diri Anda.

Itulah beberapa cara memulai bisnis, masih banyak cara-cara lain untuk memulai bisnis yang bisa Anda pelajari dari berbagai media lainnya. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook